Mohon Nafkah Lahir dan Batin

Have you ever thought that your life was just a vicious cycle that would repeat every day, and nothing was different?
Have you ever thought that it was worth living if another day is just to add more "excitement", "achievement", "any-other-shit-ment" to your life ?


Okay, gue gak lagi mengarang Prolog depresif yang bisa bikin Burung Kenari tetangga gue bunuh diri. Gue cuma lagi dalem tahap bingung, bingung mau kerja tapi yang ngasih kerjaan ternyata masih pada cuti. Padahal sebelum lebaran kemaren, di bulan yang katanya setan-setan lagi dikerangkeng, malah banyak setan berkeliaran sambil ngasih kerjaan.
Akhirnya di bulan puasa kemaren, bulan dimana si pacar bisa aja reunian sama temen-temen sekampus yang kemungkinan juga ada mantan legendarisnya itu, gue sempet-sempetin tidur selepas sholat dzuhur. Soalnya kepala gue berat banget kalo udah mendekati jam 1 siang, medan gravitasi di karpet Mesjid juga kayanya kuat banget jam segitu. Belum lagi katanya kerja di bulan puasa itu ada nilai ibadahnya, dan tidur juga termasuk ibadah, berarti kalo gue tidur di tempat kerja nilai ibadahnya 2 x lipat kan ya ?
Oke, balik lagi...
Keadaan di kehidupan gue semakin membingungkan ketika wara-wari kehidupan gue mulai dipenuhi Undangan. Gak di rumah, gak di fesbuk isinya undangan semua, bahkan temen kantor yang duduk di sebelah gue udah mulai ngomongin hal-hal yang nyerempet sama Frequently Asked Question untuk umur 22-30 taunan (Undangan, KPR rumah, cicilan panci). Dilanjut ngomongin hal-hal imajiner, seperti kawin sama calon pendamping impian, sampe ngomongin skenario terburuk kalo harus balikan sama mantannya. Ngomongin temen deket yang udah kawin duluan, sampe perihal orang yang gak gue kenal asal-usulnya namun tetep ngirimin undangannya ke rumah gue. Dan berujung ke sebuah "JLEB" momen, ketika ngobrolin orang yang gue kira gak akan punya pacar tapi malah kawin duluan. Entah anak kambing siapa yang dia kawinin.
Gue gak jealous, galau, ataupun merasa tersaingi kalo temen-temen gue pada kawin duluan. Bahkan kalo mereka mau bikin peternakan manusia sekalipun, gue dukung. Karena bagi gue nikah itu garis start, bukan garis finish. *benerin kerah*
But, it could be a pain in the ass, ketika kita berkunjung ke rumah Eyang (kelurga besar) dan pertanyaan semacam ini bermunculan dari bibir keji om dan tante yang berkunjung ; 
"Sekarang (kerja) dimana ?"
"Mana (calon) yang mau dikenalin ke tante ?"
"Kapan nyusul (kawin) ?"
Dan pertanyaan seperti inilah yang terkadang bikin gue kepengen banget nyeletuk, "Kapan tante nyusul?", ketika ziarah di Makam Eyang.
Atau seenggaknya gue bisa menepuk pundak si Tante sambil menatap matanya dari jarak deket dan bilang, "Maaf, Tante. Aku enggak perlu kawin. Aku bisa berkembang biak dengan cara membelah diri kaya Ganggang Laut. Lagian ya, Tante, aku ini masih 23, bukan 32. Dan aku juga manusia, bukan kuda ternak yang perlu cepet-cepet dikawinin."
Ini pertama kalinya gue digerilya pertanyaan semacam ini, dan rasanya udah kaya bisul diujung pantat yang disengat belut listrik. Ngapain juga sih mereka ngebet banget nyaranin kita supaya cepet-cepet kawin ? Padahal nikah itu bukan untuk cepet-cepetan, tapi buat "lama-lamaan", kan ? *kibas poni*
 

Emangnya kalo buru-buru kawin pada mau ngasih Apartemennya Jagung Podoloro ?

Lama-lama gue curiga kalo dibalik pertanyaan "Kapan nikah, dan sejenisnya" tersimpan bisnis MLM dengan bonus jutaan dollar Afrika untuk setiap orang yang berhasil disponsorin kawin. Semacem calo TKI gitu, cuma objeknya fresh graduate yang masih galau gimana caranya ngelanjutin hidup.
Seandainya kemaren (lebaran) gue dibayar untuk tiap pertanyaan seperti ini, kayanya sekarang gue udah punya kapal pesiar. Aset gue udah setara milik Warren Buffet, dan tisu WC untuk cebok pun gue ganti pake Dollar.
"Meskipun kaya, tapi kan gak ngerubah kenyataan kalo lu Jomblo ?"
"Ya elah, tong. Jaman sekarang apa sih yang gak bisa dibeli ?"
"Cinta sejati gak bisa dibayar pake harta bro, itu titipan perasaan dari satu insan ke insan lainnya"
"Duh tong, kalo gak bisa dibeli ya disewa, dileasing, atau pake kontrak karya. Tinggal cari Jasa Rental Pacar bulanan. Pokoknya kebahagiaan itu kalo gak bisa dibeli, ya disewa. Kalo lu gak nemuin kebahagiaan dari pacar yang disewa, berarti lu gak tau tempat Rentalan yang bagus"
#Okelupakanpercakapanbodohtadi
Tapi emang ya, puasa kali ini zuperr sekali. Soalnya ini puasa pertama gue di Kota para bedebah, Kota yang harga sepiring makanan manusianya setara harga paket AON 2 GB. Puasa disini itu gak enak men, yang jualan makanan sedikit dan menunya cenderung itu-itu aja. Paling pecel ayam,  soto, sama sate siluman nasi goreng. Nyari restoran fastfood asal Kota Bahari (baca : Warteg) juga susah. Sekalinya ada, rasa masakannya kaya makanan di penjara, lauknya kaya makanan kucing, sayurannya kaya makanan kelinci.
Kalopun nemu penjual makanan murah, harganya sangatlah mencurigkan. Misalnya harga ayam goreng keliling di deket kosan gue. Jadi waktu itu, makhluk-makhluk penghuni kosan baru aja pulang. Tetiba di depan kosan muncul dari tanah seorang Mamang ayam goreng yang berjualan pake gerobak dorong. Kalo diliat dari teras lantai 2 sepertinya ayam yang dijual si Mamang itu cukup menggoda, itu keliatan dari warna ayamnya yang menguning karena terserang liver dan bau minyak gorengnya yang sangat menyengat kaya bau minyak jelantah. 
Orang pertama yang turun untuk beli ayam adalah Bang Reza, awalnya dia agak kegirangan sewaktu liat tukang ayamnya dikelilingi bocah-bocah komplek.
Reza : "Berapa, bang ?"
Mamang : "3500, mas"
Reza : "Murah banget, bang ?"
*Si mamangnya cuma bisa mesem-mesem minta dijotos pentungan baseball*
Demi menghindari kecurigaan si Mamang ayam karena udah mencurigai harga ayam goreng yang dijualnya jauh dibawah harga batas wajar, akhirnya Bang Reza beli 2 potong ayam. Ngeliat Bang Reza beli ayam, tanpa basa-basi Bang Deni turun dari lantai 2 dan ikut beli ayam. 
*15 menit kemudian*
Ayam yang udah mereka beli lalu dibawa ke atas. Bang Deni langsung makan ayamnya, sementara Bang Reza malah ngasih ayam itu ke Kucing yang suka nongkrong di teras lantai 2.
Deni : "Loh, kok dibuang, Za?"
Reza : "Loh, iya. 3500, ayam apa ? Ayam Tiren?"
Orang se-kosan : "BRRUAKAKAKAKAK....!!"
Sambil cengar-cengir karena sadar dia baru aja makan ayam tiren, Bang Deni tetep ngelanjutin makan ayamnya.
Dengan sedikit pe-lebay-an, bisa dibilang makanan di Kampung Halaman gue jauh lebih layak dan manusiawi ketimbang makanan rata-rata yang tersedia di Kota ini. Selain mahal, yang paling bikin males untuk nyari makan disini adalah jarak antara kosan dengan tempat makan yang cukup jauh. Apalagi kalo saur, malesin bingit. Kalo bukan karena sunnah, mending gue ngunyah lilin campur Energen.
Ada sih yang deket kosan sekitar 200 meter, tapi rasa masakannya agak aneh gitu kaya makanan ternak. Kalo mau nyari yang enakan dikit, harus jalan sampe 300 meter. Kalo mau yang lebih enak lagi (tapi agak mahal) harus jalan lagi 500 meter. Saking jauhnya, kalo mau dilanjut lagi bisa-bisa nemu jalan ke Narnia, dan kalo diterusin lagi bisa nembus Braavos, bahkan bisa sampe masuk perbatasan Middle Earth. #apasih

Bahkan karena saking jauhnya, gue bisa laper lagi sewaktu nyampe kosan abis nyari makan. Tapi beruntunglah kemaren itu bulan puasa, jadi gue gak begitu sering long march buat nyari makan.
Meskipun belum bisa ambil cuti, gue bersukur banget bisa balik ke rumah dan mudik untuk mastiin kalo gue masih punya Kampung Halaman. Karena di sana, gue bisa leyeh-leyeh di depan tipi seharian tanpa ada yang marahin, dan bisa nungguin buka puasa pake Sirup Tjam**ay rasa kesukaan gue, rasa yang dulu pernah ada. Apalagi kalo pas lebaran, menu di rumah isinya daging semua. *Marhaban Ya Kolesterol*
Tapi persiapan mudik di rumah itu yang nge-rempong-in, bawa baju banyak banget, belum lagi ini-itunya, juga oleh-olehnya. "Kita ini mau mudik loh, Mah. Bukan mau minggat...", ucap seorang anak tampan yang lagi kecapean ngangkatin barang bawaan mudik keluarganya.
Belum lagi Babeh gue yang berniat memasang borgol dinasnya untuk ngunci rumah selama mudik, padahal jumlah gembok yang dipasang di pager udah 2 biji. "Pah, kenapa rumah kita gak sekalian dipasang police line, terus ditulis 'Rumah ini dalam pengawasan CIA', dan ngedekor rumah kita kaya Istana Mahabarata ?", ucap seorang anak yang mungkin sudah lelah ngelihat borgol segede cangkang kura-kura Galapagos nyantol di pager rumah.
Selama di rumah Kakek, gue bisa ketemu keluarga dan sepupu-sepupu kecil gue yang mata duitan. Tiap ketemu emak gue, mereka ngajakinnya jalan-jalan mulu, beli ini-itu, seolah-olah emak gue punya Pohon Duit. Kalo udah kaya gini, ujung-ujungnya gue juga yang nombokin. Jadi pas lebaran itu bukan cuma hati gue doang yang kembali fitri, tapi dompet juga ikut-ikutan suci dan bersih. Bahkan kalo dibuka, serasa ngupas bawang Bombay. Bikin mata perih, men...
 

Seandainya setan-setan kecil itu bukan sepupu gue, pasti udah gue tabok selangkangannya pake selang air. Tapi berhubung masih suasana lebaran, dan gak bagus juga feng-shuinya kalo gue tabok selangkangannya, mending gue elus aja pantatnya 1000x pake parutan kelapa.
Lebaran kali ini gue gak dapet "Jalinan kasih" dari sesepuh di keluarga, karena katanya gue udah kerja. Dan sebaliknya gue malah diberi mandat secara jabatan untuk nyantunin tuyul-tuyul kecil mata duitan yang muncul di rumah (keluarga) gue. Mereka berpikir gue udah kerja, dan kerja di Jakarta itu pasti "enak", minimal bisa beli rumah di Menteng tiap gaji ke-13 cair. Mereka gak tau kalo keponakannya ini tanggal 5 aja udah sekarat secara finansial, karena penghasilannya yang cuma 5 koma. Ya, tanggal 5 udah koma.
Ya mau gimane lagi, mungkin ngasih duit ke tuyul-tuyul cilik itu merupakan salah satu jalan untuk buang sial selama mudik. Tapi kayanya santunan itu gak mempan, buktinya gue tetep kejebak macet selama berjam-jam di daerah Pemalang (Comal) karena ada jembatan ambruk.
"Padahal ini udah mulai arus BALIKAN loh, pah. Kok masih rame yang mudik ya ?", ucap mamah sok eksis di depan papah.
"Arus BALIKAN ? Maksudnya semua orang rame-rame kembali ke mantan, mah ?", ucap gue dalem hati.
Lepas dari jalur macet, kendaraan kami pun segera melaju dan mencari Pom Bensin terdekat karena seorang tuyul mata duitan yang ikut di mobil gue kebelet pipis semenjak stuck di kemacetan tadi. Di Pom Bensin, gue cuma nunggu di Mobil sambil maenan Clash Of Clans dan Boom Beach dari HP. Dari luar jendela gue ngeliat seorang cewe berhijab syar'i keluar dari mobil sambil ketawa-ketawa kecil. Senyumannya itu bikin hati adem, men, seolah-olah ngajakin berumah tangga gitu. Ya gue sih gak keberatan kalo tetiba dia ngehampirin gue, ngetok jendela dengan manja, terus bilang "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Mohon nafkah lahir dan batinnya, Mas...".

Ah sudahlahh...






Cirebon, 31 Juli 2014.




Salam Tampan,

Penulis : frosthater ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mohon Nafkah Lahir dan Batin ini dipublish oleh frosthater pada hari Thursday, July 31, 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mohon Nafkah Lahir dan Batin
 

0 comment:

Post a Comment